kecelakaan udara

Akhirnya Aviastar Ditemukan

Setelah hilang kontak pada tanggal 02 Oktober 2015 pukul 14.36 WITA, akhirnya Aviastar ditemukan di Pegunungan Bajaja, Desa Gamarau, Latimojong, Luwu, Sulsel pada tanggal 06 Oktober 2015. Setelah menghilang selama lima hari, pesawat buatan Kanada tahun 1981 ini ditemukan dalam keadaan hancur lebur tidak berbentuk lagi, begitupun dengan jenazah penumpang pesawat naas tersebut. Mereka hangus terbakar, nyaris tidak bisa dikenali, termasuk dua balita yang menjadi penumpang pesawat tersebut. Hanya ada tiga jenazah yang masih utuh, sedangkan yang lainnya menyedihkan.

Tempat ditemukannya pesawat jatuh tersebut harus ditempuh dalam kurun waktu 10 jam perjalanan. Apalagi hutan yang mereka lalui adalah hutan perawan yang jarang disambangi manusia. Oleh karena itu, Bupati setempat menyertakan warga sekitar untuk menolong Tim SAR dan TNI mencapai lokasi tempat jatuhnya pesawat tersebut. Ada juga cerita menarik dari evakuasi korban jatuhnya pesawat Aviastar dengan nomor terbang MV-7503 ini. Tim anggota evakuasi dilarang membawa daging dan telur serta tidak boleh berkata sembarangan dan merusak pepohonan ataupun satwa penghuni hutan tersebut, karena hutan tempat pesawat jatuh dianggap hutan bertuan. Karena itu banyak mitos yang masih dipercayai warga setempat.

Evakuasi korban dari jatuhnya pesawat Aviastar menggunakan sarung yang dikaitkan pada sebatang kayu yang kemudian digotong oleh dua orang dan harus dibopong berjalan kaki. Hingga akhirnya diterbangkan menggunakan helikopter untuk diterbangkan ke rumah sakit Polri, Makassar. Untuk selanjutnya dilakukan identifikasi korban dengan mencocokkan DNA dengan keluarga korban. Agar secepatnya bisa diserahkan kepada pihak keluarga dan dimakamkan. Mungkin kabar duka ini, kabar yang tidak ingin didengar oleh keluarga korban. Karena pasti berat kehilangan anggota keluarga mereka. Namun setidaknya sekarang mereka mengetahui kondisi sebenarnya anggota keluarga mereka. Semoga yang ditinggalkan selalu diberi kesabaran dan keikhlasan dan bagi korban jatuhnya pesawat Aviastar MV – 7503, semoga diberi tempat terindah di sisi-Nya, Amiiiin.