Tips Tampil Profesional Saat Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate

Tips Tampil Profesional Saat Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate

baju-busana-kerja-wanita

Sebagai fresh graduate, mendapatkan panggilan wawancara kerja tentu hal yang menyenangkan sekaligus menegangkan karena kamu belum mempunyai pengalaman akan seperti apa wawancara kerja tersebut. Banyak faktor yang harus kamu perhatikan agar kualitas diri kamu langsung terlihat baik di depan pewawancara.

Tips-tips berikut ini akan membantu kamu para fresh graduate saat menghadapi wawancara kerja untuk pertama kali :

Kesan Pertama Sangat Menentukan

Istilah ‘don’t judge a book by its cover’ memang benar tapi memperhatikan penampilan dengan berpakaian rapi juga diperlukan loh terlebih lagi saat wawancara kerja. Dengan berpenampilan rapi kamu akan memberikan kesan yang baik karena terlihat menghargai perusahaan tempat kamu wawancara meskipun misalnya perusahaan tersebut bergerak di bidang industri kreatif yang karyawannya berpakaian casual.

Untuk pria, kamu bisa menggunakan kemeja panjang dan celana dengan potongan slim fit. Tinggalkanlah dulu sneakers favoritmu karena saat berpakaian rapi sebaiknya kamu memakai sepatu formal seperti pantofel ataupun loafer. Untuk wanita, kamu bisa mencoba menggunakan kemeja dengan rok mini selutut ataupun dress mini agar tampilan kamu terlihat rapi, cantik tetapi tetap simple tidak berlebihan. Urusan pakaian untuk wawancara kerja, MatahariMall.com jagonya karena selain menyediakan koleksi mini dress wanita, beragam  kemeja untuk pria pun tersedia banyak di MatahariMall.

Jangan Lupa Membawa Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum berangkat mendatangi wawancara kerja, pastikan semua dokumen yang dibutuhkan seperti CV, surat lamaran, sertifikat, transkrip nilai maupun formulir lamaran kerja sudah dimasukkan ke dalam satu map. Jangan sampai karen kurang persiapan, dokumen yang seharusnya dibawa malah tertinggal di rumah. Dokumen-dokumen tersebut biasanya diperlukan HRD tempat kamu wawancara sebagai bukti verifikasi.

Datang Awal Waktu

Datang di awal waktu juga penting untuk kamu lakukan. Meskipun terlihat sederhana tapi datang awal waktu mempunyai banyak manfaat loh. Misalnya saja kamu jadi mempunyai waktu untuk merapikan penampilan, mempersiapkan diri menjawab pertanyaan, dan lain-lain. Datang awal waktu ini juga bisa menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang profesional yang sangat menghargai waktu.

Cari Tau Mengenai Perusahaan

Pertanyaan saat wawancara kerja biasanya seputar diri kamu dan pekerjaan yang kamu lamar. Tapi tidak jarang perusahaan yang menanyai apakah kamu mengenal perusahaan tersebut. Lebih baik kamu persiapkan terlebih dahulu dengan browsing di internet agar kamu paham perusahaan seperti apa yang akan menjadi calon tempatmu bekerja.

Pastikan Mengetahui Lokasi Wawancara

Mengetahui lokasi wawancara juga sangat penting, jadi kamu bisa mengetahui akan melewati jalan mana dan memprediksi waktu tempuh dari rumah sampai tempat wawancara. Jangan lupa juga catat lokasi wawancara secara lengkap dan nama pewawancara di smartphone-mu agar kamu tidak bingung harus mencari-cari.