Finansial

Manager Investasi Terbaik Selamatkan Nasabah dari Resiko Rugi

Pernahkah Anda berpikir tentang aliran dana yang dipakai untuk membiayai sebuah proyek atau biaya operasional sebuah perusahaan besar? Misalnya saja untuk pembangunan sebuah tempat wisata yang megah lengkap dengan infrastruktur pendukungnya. Atau mungkin untuk membiayai sebuah proyek property mewah di tengah kota yang strategis. Tentulah aliran dana yang dibutuhkan sangatlah besar yang bukan bersumber dari dana pribadi saja. Nah, untuk mendapatkan modal yang begitu besar tersebut bisa didapatkan dengan menerbitkan saham, obligasi, dan portofolio efek yang akan di pasarkan di pasar saham.  Saham merupakan surat berharga tentang kepemilikan modal di sebuah perusahaan. Sedangkan obligasi merupakan surat berharga yang menyatakan pemiliknya meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan tertentu. Sementara portofolio efek dapat berupa saham dan obligasi. Barang-barang investasi yang diterbitkan sebuah perusahaan tersebut akan dibeli oleh sebuah manager investasi untuk dikelola di pasar saham. Oleh karena itu, peran manager investasi terbaik pada dunia investasi sangat menentukan.

Jika manager investasi mendapatkan modal yang besar itu dari hasil patungan masyarakat luas maka disebut dengan sistem investasi reksa dana. Dalam hal ini, untuk menjalankan aktivitas berinvestasi di pasar saham terdiri dari dua pihak. Yaitu pihak masyarakat luas sebagai investor reksa dana dan pihak perusahaan manager investasi sebagai pengelola kepemilikan saham, obligasi, dan portofolio efek yang telah dibelinya tadi. Sebuah manager investasi terbaik akan dapat mengolah saham-saham yang dimilikinya tadi menjadi saham yang dapat menguntungkan di masa depan. Di samping dapat menyelamatkan para investor reksa dana dari resiko kerugian sebagai resiko investasi reksa dana yang dibelinya.

Sebuah manager investasi terbaik sebagai pengelola reksa dana secara efektif, tidaklah mudah ditemukan. Harus ada bukti aset yang telah dihasilkannya dari cara berinvestasi, memiliki rekam jejak yang dinilai baik oleh tim OJK (Otoritas Jasa Keuangan),  memiliki staf ahli yang benar-benar mumpuni di bidang investasi, dan memilki jaringan yang luas dan kuat di berbagai negara di dunia. Di Indonesia, salah satu manager investasi yang memiliki kriteria-kriteria tersebut adalah PT BNP Paribas Investment atau yang lebih dikenal dengan sebutan BNP Paribas.