KRITERIA DARI SITUS BELANJA ONLINE TERPERCAYA

Untuk mempercayai sesuatu maka anda harus memahami terlebih dahulu sesuatu tersebut. Sama halnya dengan kegiatan bertransaksi. Salah satu prinsip utama dalam melakukan transaksi adalah rasa percaya diantara kedua belah pihak. Hal ini jelas sangat terpengaruh apalagi pada kegiatan transaksi secara online. Disebabkan ruang dan waktu yang tidak pasti, kemudian juga komunikasi antara penjual dan pembeli tidak dilakukan secara langsung, maka dalam jual beli online yang harus ditekankan adalah rasa percaya. Misalnya dari pihak pembeli, anda harus memilih situs belanja terpercaya  untuk dapat melakukan transaksi.

Namun, rasa percaya itu  perlu dibentuk, lalu bagaimana sih supaya anda dapat mempercayai suatu situs belanja online sehingga anda dapat berbelanja dengan nyaman dan aman tanpa rasa khawatir akan terjadi hal – hal yang bersifat penyimpangan seperti penipuan dan wanprestasi lainnya? Tentunya anda harus terlebih dahulu mengetahui dan memahami kriteria dari situs belanja online yang terpercaya. Berikut beberapa kriteria yang bisa anda jadikan tolak ukur untuk mempercayai suatu situs belanja online. Di antaranya adalah :

  1. Informasi yang jelas dan lengkap
    Hal ini dapat anda ukur dari sisi kejelasan informasi mengenai produk yang dijual, kemudian juga nama atau identitas dari penjual, bahkan jika bisa anda harus memastikan dimana penjual tersebut berdomisili, kemudian juga kejelasan prosedur pemesanan dan juga alur transaksi pembayaran yang jelas. Jika informasi dari situs tersebut lengkap maka bisa dipastikan jika situs tersebut memang asli atau situs yang memang benar – benar menjual barang secara online.
  2. Bahasa pelayanan ramah
    Pilihlah situs belanja yang menggunakan bahasa pelayanan yang ramah, karena ini akan menambah rasa percaya anda pada situs belanja online tersebut.
  3. Harga pasaran
    Situs belanja online yang asli biasanya akan menawarkan harga standar yang sesuai dengan pasaran , tidak terlalu tinggi, tidak pula terlalu rendah, sekalipun menjual harga murah biasanya masih dalam batas yang wajar.

Itulah beberapa kriteria dari situs belanja online yang dapat terpercaya. Jika anda hendak belanja secara online sebaiknya anda mengunjungi situs blanja.com yang sudah terbukti sebagai situs belanja online terpercaya.