Teknologi

Jenis-Jenis Scanner dan Perbedaan Fungsinya yang Harus Kamu Tahu

Perangkan tambahan scanner mungkin sudah tak asing lagi bagi pengguna komputer. Perangkat yang satu ini sangat berfungsi untuk menghasilkan gambar cetak kedalam gambar digital. Caranya kerjanya cukup sederhana, cukup tempelkan gambar atau dokumen diatas mesinm scanner. Tutup rapat-rapat dan tunggu file telah di scanner. Kemudahan scanner tentu menjadi daya tarik masyarakat urban untuk segara memilikinya. Ada banyak scanner yang kini beredar luas dipasaran. Namun Anda perlu tahu scanner telah dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut.

Scanner Drum

Jenis scanner ini merupakan scanner pertama yang baru pertama kali dikembangkan. Scanner drum menghasilkan gambar dengan resolusi mencapai 24.000 ppi. Scanner jenis ini masik menggunakan photomultiplier tubes (PMT) untuk membaca data gambar sehingga kualitas gambar yang dihasilkan sangatlah tinggi dan high resolution.

Scanner Flatbed

Mengapa disebut dengan scanner flatbed lantaranya jenis scanner ini mempunyai bentuk dasar dan rata mirip seperti tempat tidur. Scanner Flatbed merupakan jenis scanner yang paling umum digunakan tetapi mudah ditemui di perkantoran maupun rumah pribadi. Scanner ini sangat diminati lantaran harganya yang relatif murah.

Roller Scanner

Roller scanner memiliki fungsi yang serupa dengan scanner flatbed. Namun keduanya memiliki perbedaan utama dimana flatbed sudah menggunakan teknologi CCD sedangkan roller scanner tidan memiliknya. Teknologi CCD memudahkan penggunanya saat scanner, CCD dapat dibilang sebuah “mata” dimana pengguna tidak perlu manual untuk mendetksi gambar atau dokumen yang di scan

Hand Scanner

Hand scanner adalah jenis scanner yang dapat diaplikasikan dengan mudah lantaran penggunaannya cukup menggunakan tangan. Scanner ini umumnya banyak digunakan sebagai peralatan keamanan untuk mendeteksi dan memindai barang yang hendak masuk.

Atomatic Document Feeder (ADF) Scanner

Scanner jenis ini memiliki wadah tersendiri untuk menyimpan berbagai dokumen yang siap untuk discanner. Scanner ini digunakan untuk dokumen dalam jumlah yang banyak. Anda tidak perlu repot untuk menscan dokumen satu-satu. Cukup masukan dokumen yang hendak discan dan secara otomatis semua dokumen atau di scan secara otomatis. Scanner ini sangat disaankan untuk perkantoran lantaran kemudahannya yang bisa mempercepat proses scanner. Akan tetapi harga yang dibutuhkan tidak sedikit. Atomatic Document Feeder (ADF) Scanner dibanderol dengan harga yang cukup mahal.  

Itulah berbagai jenis scanner dan perbedaan fungsinya. Perhatikan beberapa hal ini sebelum membeli scanner.