Oh Negriku

Kemarau Panjang di Negeriku

                Untuk kesekian kalinya Negeri ini mengalami kekeringan di musim kemarau. Tapi masyarakat dan Pemerintah di Negeri ini seperti tidak belajar apa-apa dari pengalaman. Hal ini mungkin dianggap sepele. Padahal ini akan menjadi sesuatu yang besar bila dibiarkan terus menerus. Bukankah air adalah sumber kehidupan di muka bumi ini? Dan badan kita pun terdiri dari banyak cairan. Air memang sesuatu yang berharga tapi tak banyak manusia yang menyadarinya. Karena sampai saat ini pasokan air masih tersedia walaupun di musim kemarau jumlahnya berkurang.

Miris rasanya melihat berita ditelevis tentang beberapa daerah yang mengalami kekeringan, di mana warganya sampai menggunakan air selokan untuk keperluan sehari-hari. Tidakkah mereka tau kalau air itu kotor?! Dan menggunakan air itu bisa mengundang banyak penyakit! Apakah pemerintah tidak kasihan dengan warganya yang menggunakan air selokan? Tidakkah mereka mau mencari solusinya? Karena masalah tentang ketersedian air bersih bukan masalah yang bisa dipandang sebelah mata. Karena bila dibiarkan secara berlarut-larut bukan tidak mungkin akan menjadi bencana nasional. Orang mungkin bisa bertahan seminggu tanpa makan, tapi orang tak bisa bertahan lebih dari tiga hari tanpa minum setetes airpun.

Bukannya cuma manusia yang memerlukan air, tanaman dan hewanpun juga memerlukan air untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, beberapa daerah di Negeri ini gagal panen dan hal ini berimbas pada naiknya harga kebutuhan pokok dikarenakan kurangnya pasokan. Kekeringan ini seperti efek domino yang berimbas kesegala hal. Bila tak segera dicari jalan keluarnya maka tiap tahun kita akan terus mengalami hal sama bahkan mungkin lebih parah lagi.

Saya harap Pemerintah di Negeri ini bisa lebih peduli kepada warganya, bukan Cuma memikirkan pribadi atau golongan saja. Bukan hanya memikirkan persoalan di kota-kota besar saja. Tapi cobalah tengok juga daerah – daerah terpencil di Negeri ini. Bukankah mereka juga bagi dari kita? Jangan sampai ada lagi wilayah di Negeri ini ingin melepaskan diri karena menganggap kurang diperhatikan. Negara ini adalah Negara besar dengan jumlah penduduk yang banyak dan yakinlah kita bisa membuat Negeri ini bangga. Merdekaaaa……