Mancanegara

Sayap Patah MH370

Lama tak terdengar kabarnya, tiba-tiba Pemerintah Malaysia kalau mereka menemukan patahan dari sayap pesawat naas tersebut di Pulau La Reunion, Perancis. Patahan tersebut ditemukan sekitar 5.000 km dari lokasi diduga jatuhnya pesawat. Namun pihak perancis sendiri tidak begitu gamblang menyatakan kalau patahan sayap itu adalah bagian dari pesawat boeing 777 Malaysia. Pihak Perancis hanya mengatakan “kemungkinan sangat tinggi” bagian sayap pesawat yang ditemukan di Pulau La Reunion tersebut adalah sayap dari pesawat boeing Malaysian Airlines. Dari patahan sayap yang ditemukan, diperkirakan ada ledakan di pesawat sebelum jatuh menghujam laut. Dan bisa dipastikan tak ada satu pun penumpang pesawat yang selamat dari kejadian tersebut.

Pesawat yang berpenumpang 239 orang tersebut di mana 7 diantaranya adalah orang Indonesia sudah menghilang sejak 8 Maret 2014. Pesawat yang mempunyai rute Malaysia – Beijing ini tiba – tiba saja menghilang tak lama dari tinggal landas di bandara Malaysia. Pencarian Multinasional yang melibatkan banyak Negara juga sudah dikerahkan untuk mencari MH370, namun pesawat tersebut tak juga ditemukan. Dan sekarang tiba-tiba saja Pemerintah Malaysia mengatakan kalau sayap MH370 sudah ditemukan di Pulau La Reunion dan tentu saja hal ini membuat perasaan keluarga penumpang MH370 menjadi campur aduk. Hal ini seperti membuka luka lama mereka tentang tragedi pesawat MH370.

Namun terlalu dini untuk menyimpulkan hal tersebut. Karena kalau pun patahan sayap pesawat yang ditemukan adalah bagian dari MH370, masih banyak bagian lagi yang harus ditemukan. Karena sayap tersebut seperti layaknya potongan dari puzzle besar, di mana harus disusun semua agar kita bisa menebak gambar dari puzzle tersebut. Masih banyak potongan lagi yang harus ditemukan, agar bisa menemukan kotak hitam dari pesawat MH370 dan bisa mengetahui secara pasti penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Namun setidaknya dengan ditemukannya patahan sayap tersebut membawa secercah harapan bagi keluarga penumpang MH370. Dan hal ini bisa menepis rumor yang selama ini beredar kalau pesawat tersebut ditahan oleh teroris di suatu tempat. Namun apapun hasilnya nanti, saya harap keluarga penumpang pesawat MH370 diberikan ketabahan dan kesabaran yang luar biasa oleh Sang Pemberi Hidup dan semoga semua korban pesawat MH370 mendapatkan tempat terindah disisi-Nya, amiiiin.