Kesehatan

Resep membuat MPASI mudah

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan yang terbai untuk anaknya, termasuk dalam segi makanan yang diberikan dengan memperhatikan jenis makanan, kebersihan, dan cara pengolahan makanan yang benar.  Pemberian makanan dilakukan ketika bayi menginjak usia 6 bulan maka bayi sudah bisa diberikan MPASI (makanan pendamping ASI) secara bertahap maksudnya dari segi tekstur dan jumlahnya. Pada awalnya bayi diberikan makanan yang bertektur lembut dan juga encer hal demikian agar pencernaan bayi mampu mencerna dengan sempurna, selanjutnya sesuai dengan bertambahnya umu bayi maka bisa diberikan makanan yang lebih padat sehingga bayi bisa merasakan beberapa tekstur makanan.

Tidak sedikit pula para ibu yang memilih untuk memberikan MPASI yang instan dari beberapa produk, namun perlu diingat bahwa tidak semua produk MPASI baik untuk si kecil terutama kandungannya tidak menutup kemungkinan beberapa makanan yang mengandung pengawet yang tentunya tidak baik bagi kesehatan, bukannya tidak boleh membeli produk MPASI hanya saja harus lebih teliti terkait produk dan bahan yang digunakan. Alangkah lebih baiknya jika anda membuat MPASI sendiri di rumah berikt ini akan disajikan resep bubur tepung beras merah

  1. Siapkan beras merah kemudian buatlah menjadi tepung dengan menggilingnya.
  2. Masak tepung dengan memasukan 2 sdm tepung beras merah ke dalam wajan khusus untuk membuat makanan bayi (tidak dipakai untuk memasak makanan dewasa)
  3. Campurkan air dan masah hingga menyusut airnya sambil diaduk, sesuaikan dengan umur bayi jika memang bayi anda masih 6 bulan maka anda bisa membuatnya dengan lebih cair
  4. Campurkan susu untuk membuat rasanya tidak hambar, dan kemudian aduk hingga teksturnya pas.

Itulah Resep membuat MPASI beras merah, selanjutnya jika anda ingin membuat menu makan MPASI dengan menambahkan beberapa tambahan makanan lainnya juga bisa asalkan disesuaikan dengan umur bayi misalnya dengn tambahan buah pisang, alpukat dna juga beberapa sayuran seperti wortol yang diparut atau juga daun bayam.