Kesehatan

Penyakit Diabetes Tipe 1 Dan Tipe 2

Penyakit diabetes adalah suatu jenis penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi ambang normal manusia pada umumnya. Kadar gula darah atau glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel-sel yang ada pada manusia. Akan tetapi jika kadar gula dalam darah ini melebihi ambang kenormalan maka akan berakibat buruk juga.

Penyakit diabetes memiliki dua tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 sangat bergantung pada kadar insulin setiap penderitanya. Karena diabetes tipe ini sistem kekebalan tubuh penderitanya menyerang sel-sel yang terdapat pada pankreas. Sehingga akan terjadi kenaikkan kadar gula dan memicu kerusakan pada organ-organ tubuh penderitanya. Oleh karena itu, belum dapat dipastika apa penyebab diabestes tipe 1 ini.

Diabetes tipe 1 ini pada umumnya menyerang seseorang pada usia 40 tahun. Bahkan diabetes ini sering dijumpai diderita oleh remaja dan anak-anak. Akan tetapi diabetes tipe ini lebih jarang terjadi daripada diabetes tipe 2, yaitu dari 10 penderita diabetes 1 diantaranya yang menderita diabetes tipe 1 dan 9 lainnya menderita diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh. Penanganan pada penderita diabetes tipe 2 dapat dilakukan dengan mengatur pola makan sehat dan selalu memantau kadar gula dalam darah penderitanya. Akan tetapi pengobatan yang berkelanjutan juga diperlukan karena penyakit ini akan terus berkembang dalam tubuh penderintanya.

Selain itu, diabetes tipe 2 juga kerap dihubungkan dengan kelebihan berat bdan seseorang (obesitas). Memang pada umumnya seseorang yang menderita diabetes tipe 2 ini juga memiliki obesitas, akan tetapi tidak semua orang yang obesitas memiliki riwayat penyakit diabetes. Perlu diketahui pula bahwa semakin tinggi tingkat obesitas seseorang, maka semakin tinggi pula resiko orang tersebut untuk menderita diabetes.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 untuk saat ini. Semoga dapat bermanfaat dan mampu menambah wawasan pengetahuan kita agar kita lebih waspada dalam menjaga kesehatan. Atau bisa kunjungi situs https://www.guesehat.com/10-hal-tentang-diabetes-melitus-yang-harus-kamu-ketahui