Mengenali Alergi Pada Anak, Penyebab Dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Mengenali Alergi Pada Anak, Penyebab Dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Banyaknya kasus anak-anak yang mengalami alergi tentunya dapat menjadi suatu permasalahan  yang besar jika hal tersebut dibiarkan dan terjadi terus menerus. Salah satunya alergi yang saat ini sering banyak terjadi yaitu alergi susu sapi. Anak yang mengalami alergi susu sapi ini cenderung juga mengalami alergi terhadap olahan susu dan juga susu yang berasal dari nabati. Apalagi untuk jenis susu lainnya seperti susu kambing, susu domba, susu kerbau juga dapat menimbulkan reaksi yang sama pada anak yang alergi susu. Oleh karena penting sekali mengenali akan penyebab alergi pada anak, karena akan berhubungan dengan bagaimana cara mengobati alergi pada anak selanjutnya.

Bagi seorang anak yang mengalami alergi susu biasanya mulai terjadi pada usia tiga tahunan. Gejalanya akan timbul beberapa menit atau beberapa jam kemudian setelah anak mengkonsumsi susu tertentu. Gejala yang ditimbulkan pun bervariasi pada setiap anak ada yang biasa-biasa saja sampai ada yang sangat parah. Secara umum gejalanya meliputi muntah-muntah, diare, timbulnya bintik merah pada kulit yang disertai dengan rasa gatal, dan juga sesak napas. Untuk kasus anak-anak yang mengalami alergi sudah sangat parah dapat menyebabkan anaphylaxis yaitu suatu reaksi parah yang dapat mengancam jiwa dari anak tersebut.

Karena resiko yang cukup berbahaya dari seorang anak yang mengalami alergi ini maka dalam cara mengobati alergi pada anak harus benar-benar dapat dilakukan dengan baik. Apalagi untuk anak yang mengalami alergi susu, karenda dalam gejala yang terjadi satu anak dan anak yang lainnya dapa berbeda-beda tergantung sejauh mana alergi tersebut berpengaruh terhadap diri anak.

Untuk mengobati seorang anak yang mengalami alergi pada susu atau makanan lainnya maka cara yang tepat yaitu dengan mengenai penyebab dari anak tersebut terkena alergi. Dengan mengenali makanan penyebab dari alergi maka menghindari makanan tersebut sementara waktu sampai alerginya sembuh dapat menjadi jalan terbaik. Misalnya untuk anak yang alergi terhadap susu maka tidak disarankan dalam mengkonsumsi susu alergi atau pun berbagai olahan yang terbuat dari susu.