Tetap Menjaga Kesehatan Tubuh  Di Momen Lebaran

Tetap Menjaga Kesehatan Tubuh  Di Momen Lebaran

Setelah menahan nafsu dan lapar serta dahaga selama satu bulan penuh. Umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri sebagai bentuk kemenangan mereka dengan makan-makan bersama keluarga. Berbagai makanan lebaran yang disajikan diantaranya ketupat, opor ayam dan berbagai makanan lainnya. Namun dibalik kelezatannya, ada bahaya yang mengancam bagi kesehatan tubuh anda. Hal ini diakibatkan hidangan lebaran tersebut identik dengan santan, karbohidrat dan lemak yang memicu berbagai penyakit. Untuk itu kami akan berbagi Rumus sehat lebaran, diantaranya:

  1. Kendalikan nafsu makan
    Setelah berpuasa satu bulan, bukan berarti kita dapat makan sepuasnya pada saat lebaran. Tetapi kita harus tetap mengendalikan nafsu makan kita dengan mengkonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan anda. Agar dapat mengendalikan nafsu makan yang berlebih, anda bisa memakan makanan pembuka terlebih dahulu. Hal ini juga di sesuai dengan Sunnah rasul untuk makan dahulu sebelum berangkat shalat Ied. Anda bisa makan buah-buahan salah satunya apel. Apel ini mengandung nutrisi yang dapat menekan rasa lapar anda sehingga dapat mengendalikan nafsu makan berlebih anda.
  2. Makan dengan “3 Tepat”
    Rumus yang satu ini bisa anda lakukan jika ingin mengkonsumsi makanan yang sehat di saat lebaran. Yang pertama “tepat Jadwal” yang dimaksudkan untuk makan sesuai jadwal seperti hari-hari biasa yaitu tiga kali sehari. Di sela-sela waktu itu anda bisa makan makanan ringan seperti snak sehat atau buah-buahan. Kedua “tepat jumlah” maksudnya jumlah makanan yang kita konsumsi haruslah diperhitungkan. Jika sulit anda bisa mengambil beberapa macam makanan dengan komposisi yang seimbang pada piring anda. Ketiga “tepat jenis” maksudnya anda harus pintar-pintar memilih makanan. Pertimbangkanlah kandungan gizi pada makanan tersebut sebelum anda mengambilnya.
  3. Silaturahmi yang sehat
    Lebaran merupakan momen bersilarutahmi dengan keluarga, tetangga dan kerabat. Manfaatkan momen silaturahmi anda dengan berjalan kaki menuju rumah kerabat anda, jika terlalu jauh anda bisa menggunakan kendaraan dan diparkir di tempat yang agak jauh agar bisa berjalan kaki. Dengan  berjalan kaki sedikitnya kalori di dalam tubuh dapat berkurang.

Semoga tiga rumus diatas dapat bermanfaat bagi anda untuk dilakukan pada saat lebaran nanti. Pilihlah minuman dan makanan lebaran yang sehat di Blanja.com. Selain lebih praktis, juga lebih murah.