Gaya Hidup

Menjelajah Pulau dan Danau Kece yang Ada di Banjarmasin

Kota dengan julukan Seribu Sungai ini merupakan salah satu kota terpadat yang ada di Indonesia. Sebagai ibu kota dari Provinsi Kalimantan Selatan, tentunya Banjarmasin juga memiliki potensi wisata yang cukup besar. Saat ini, Banjarmasin juga sudah mulai populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Beragam obyek wisata telah tersedia di Banjarmasin, terutama wisata alam yang menyajikan deretan pemandangan yang memukau. Lokasi wisata favorit yang tersebar di Banjarmasin di antaranya adalah wisata pulau dan danau. Berikut beberapa pulau dan danau menarik yang dapat dikunjungi ketika berada di Banjarmasin.

Pulau Birah-Birahan

Pulau ini memiliki 3 zona pantai yang terdiri dari zona terumbu karang, zona pantai tebing batu, dan zona pantai ganggang. Ketiga zona tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Zona terumbu karang misalnya, di zona ini, wisatawan dapat melakukan kegiatan menyelam dan melihat terumbu karang secara langsung.

(sumber : paketwisatakalsel.blogspot.com)

Lokasi pulau ini berada di Kabupaten Kota Baru. Dibutuhkan perjalanan selama kurang lebih 8 jam dari Dermaga Kenyamukan untuk sampai di Pulau Birah-Birah ini.

Pulau Samber Gelap

Pulau elok ini terletak tidak jauh dari Pulau Birah-Birah. Pulau ini juga memiliki lokasi penyelaman yang memesona. Hamparan pasir putih dan birunya air menjadi suguhan menawan khas dari Pulau Samber Gelap.

(sumber : telusurindonesia.com)

Di tempat cantik nan menawan ini terdapat juga tempat konservasi penyu yang bisa dikunjungi. Pulau Samber Gelap memang menawarkan sebuah pengalaman wisata yang sangat menyenangkan.

Pulau Kembang

Ingin mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda? Datanglah ke Pulau Kembang dan bermain-mainlah dengan sekelompok monyet yang ada di sana. Pulau Kembang sejatinya adalah delta yang terbentuk di tengah sungai barito. Letak persisnya berada di Pulau Alalak. Di pulau ini, terdapat ratusan monyet yang berkeliaran secara bebas dan menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Danau Biru Pengaron

Danau bekas tambang ini ternyata memiliki tampilan yang sangat cantik setelah difungsikan seluruhnya sebagai tempat wisata. Kepopuleran Danau Biru Pengaron ini cepat tersebar berkat media sosial, seperti Instagram. Wisatawan yang berkunjung banyak mengabadikan foto-foto keren dan mengunggahnya ke media sosial yang mereka miliki.

Danau ini terkenal dengan tebing batu kapur yang mengelilingi danau dengan air yang berwarna kebiru-biruan.

Danau Nes 12

Sama seperti Danau Biru Pengaron, Danau Nes 12 ini juga terbentuk akibat dari aktivitas penambangan batu kapur yang dilakukan di area tersebut. Setelah aktivitas penambangan terhenti, tempat ini kemudian diubah menjadi lokasi wisata yang sangat menawan. Jalan menuju Danau Nes 12 ini belum terlalu bagus, jadi berhati-hati dan tetap waspada. Perjalanan yang sulit akan terbayar dengan keindahan pemandangan danau yang tersaji di depan mata.

Danau Baruh Bahinu

Berbeda dengan kedua danau di atas, Danau Baruh Bahinu merupakan sebuah kawasan rawa-rawa yang sangat luas. Dengan uang Rp10.000 saja, wisatawan sudah dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari dermaga yang ada di danau ini. Ada juga sepeda air yang dapat disewa untuk dapat mengelilingi luasnya Danau Baruh Bahinu ini.

Potensi wisata yang semakin besar, juga dibarengi dengan kelengkapan akomodasi yang ada. Salah satu akomodasi favorit yang banyak dipilih adalah hotel murah di Banjarmasin. Hotel-hotel tersebut rata-rata berada di bawah jaringan Airy Rooms. Sebagai jaringan hotel yang terkenal karena memiliki ratusan hotel murah, Airy Rooms tetap memberikan jaminan pelayanan prima dan fasilitas hotel yang lengkap.

Di setiap kamarnya, Airy Rooms selalu memberikan 7 jaminan fasilitas yang berupa TV layar datar, WiFi gratis, pemanas air, perlengkapan mandi, air minum gratis, AC dan tempat tidur bersih serta nyaman.

Pilihan pembayaran yang ditawarkan juga mudah dilakukan. Hotel Airy Rooms menerima pembayaran menggunakan kartu kredit atau transfer antar bank. Untuk pemesanannya, Anda bisa melakukannya lewat website atau aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store atau Apple App Store.