Begini Cara Menata Dapur Agar Selalu Terlihat Bersih dan Rapi

Bagi sebagian ibu rumah tangga akan sangat menyenangkan sekali memiliki dapur impian. Mempunyai dapur impian tidaklah diukur dengan luasnya lahan untuk dapur. Besar atau kecilnya dapur yang Anda miliki bukan menjadi masalah karena yang paling terpenting adalah kebersihan dan cara menjaga dapur agar selalu terlihat rapi dan bersih.

Selain nyaman, dapur yang tertata dengan bersih dan rapi juga bisa memudahkan Anda untuk mencari barang yang Anda gunakan dan menghemat waktu saat menata ulang dapur. Simak yuk cara menata dapur agar telihat rapi dan bersih berikut ini.

1.Satu Rak Dapur Sudah Cukup

Tidak perlu membeli rak dapur terlalu banyak. Satu rak saja sudah cukup asalkan Anda bisa menata barang-barang dengan tertata rapi. Alat masak dan peralatan makan harus dipisahkan, termasuk juga barang-barang yang dibutuhkan. Semuanya harus dikelompokkan masing-masing agar saat dibutuhkan mudah dijangkau dan barang pun tidak akan terlihat menumpuk.

  1. Siapkan Wadah dan Toples

Wadah dan toples berguna untuk meletakkan bumbu-bumbu dapur hingga kopi, gula, dan kebutuhan lainnya. Namun Anda harus memperhatikan wadah atau toples sesuai dengan ukurannya dengan begitu bumbu-bumbu dapur dan kebutuhan lainnya tertata dengan rapi dan beraturan. Selain itu, pisahkan juga garpu sendok dan pisau ke wadah khusus agar mudah dijangkau, termasuk juga minyak harus disiapkan dalam wadah tertutup dan jauh dari kompor.

  1. Segera Cuci alat Makan dan Alat Masak

Agar dapur selalu terlihat bersih dan rapi, Anda harus segara mencuci bersih peralatan makan dan peralatan masak yang digunakan. Jika tidak segera di cuci, peralatan-peralatan tersebut akan menumpuk dan akan menimbulkan bau tak sedap dari sisa-sisa makanan. Oleh karena itu segaralah cuci bersih alat makan atau alat masak setelah habis dipakai. Setelah mencuci Anda juga harus memperhatikan kebersihan bak tempat cuci, sikat hingga bersih dan lap dengan begitu dapur Anda selalu terlihat bersih dan sehat.

  1. Perhatikan Pencahayaan Dapur

Pastikan dapur rumah Anda mempunyai jendela. Dengan adanya jendela, dapur Anda tidak akan lembab karena sinar matahari akan masuk ke dapur Anda. Selain tak lembab, dengan cahaya matahari juga membuat dapur Anda terlihat terang dan bersih.

  1. Tempat Sampah Jangan Luput Dari Perhatian

Tempat sampah adalah salah satu barang yang sangat wajib ada di dapur Anda. Siapkan tempat sampah yang sudah dilapisi terlebih dahulu dengan kantung khusus sampah. Pisahkan sampah sayuran dan sampah plastik untuk memudahkan Anda. Rajinlah untuk membuangnya sehingga dapur Anda tidak akan tercemar dengan bau tak sedap.

  1. Siapkan Alat Tempur

Terakhir jangan lupa untuk menyiapkan sapu, alas kaki, keset, lap pel, dan alat kebersihan lainnya untuk membuat dapur Anda selalu bersih, rapi, dan sehat. Semua kebutuhan alat-alat rumah tangga ada di toko online mataharimall. Toko online ini menyediakan alat-alat pembersih rumah hingga kebutuhan dapur lainnya. Anda pun tak perlu keluar repot keluar rumah, cukup kunjungi www.mataharimall.com semua kebutuhan rumah tangga Anda akan terpenuhi.  

Jadi sudah siapkah Anda bersih-bersih rumah hari ini?