Baju Muslim Modern Namun Tetap Syar’i

Baju Muslim Modern Namun Tetap Syar’i

Beberapa tahun belakangan hijab memang sedang populer di kalangan wanita muslimah. Meski memang dapat diakui jika hijab merupakan kewajiban dalam agama, namun tidak semua wanita siap untuk langsung berhijab dalam kesehariannya karena beberapa pertimbangan. Namun dengan tren yang ada saat ini, para muslimah pun kian kreatif dalam berkreasi sehingga tidak sungkan lagi untuk memakai hijab. Meski begitu, seiring dengan maraknya tren baju muslim yang ada justru membuat makna dari hijab yang sebenarnya kian pudar hanya demi alasan fashion. 

Bisa dilihat di masa ini dimana hijab yang seharusnya berfungsi sebagai penutup aurat, justru dipandang sebagai tren sehingga seolah-olah hanya hiasan kepala saja. Meski sejak lahirnya tren ini membuat muslimah semakin semangat ingin berhijab, namun ada baiknya jika hijab itu sendiri dipergunakan sebagaimana fungsinya yaitu untuk menutup aurat secara keseluruhan, bukan fashion semata. Bagi Anda yang ingin tampil modern namun tetap syar’i, maka bisa mempergunakan tips berikut ini: 

  1. Menutup dengan sempurna
    Seperti halnya makna dari berhijab itu sendiri adalah berfungsi untuk menutup aurat. Menutup aurat disini bukan berarti hanya membalutnya dengan baju yang sesuai keinginan saja, melainkan betul-betul harus menutup aurat. Pastikan busana yang Anda kenakan betul-betul menutup hingga ke seluruh tubuh. Jika perlu, pakai juga kaos kaki dan legging sehingga ketika Anda berjalan atau naik motor, maka tidak ada bagian yang terlihat ketika sedang memakai rok.
  2. Hindari pakaian yang ketat dan transparan
    Seperti yang telah disebutkan di awal dimana para wanita muslimah wajib untuk menutup aurat secara keseluruhan dan sempurna dengan baju muslim. Oleh karena itu pakaian yang ketat dan transparan juga harus Anda tinggalkan karena tidak sesuai dengan makna hijab yang sebenarnya lantaran tetap mampu mengekspos bagian tubuh Anda. Jika Anda memiliki baju yang transparan, maka bisa menutupinya dengan cardigan. Namun jika kerudungnya transparan, maka bisa ditumpuk sehingga leher dan rambut tidak terlihat.
  3. Kerudung yang menutup sampai ke dada
    Salah satu kewajiban bagi para muslimah yang telah menjadi aturan di dalam Al-Qur’an dalah dengan mengenakan hijab sampai menutup ke dada. Meski kini telah banyak sekali tersedia tutorial hijab yang cantik dan menarik, namun banyak juga tutorial ini yang mengajarkan tidak menutup dada. Dalam hal ini Anda juga harus lebih cerdas dalam memilih model hijab yang menutup sampai ke dada sehingga tetap syar’i.
  4. Jilbab bergo bisa jadi pilihan
    Para wanita muslimah juga kerapkali tetap dituntut untuk bisa melakukan aktivitas secara aktif di luar. Jika Anda merasa terlalu ribet dengan hijab biasa, maka Anda bisa memilih jilbab bergo yaitu jilbab instan sehingga tidak perlu berkutat lama dengan peniti. Pastikan memilih model jilbab bergo yang menutup hingga ke dada.
  5. Tidak perlu menggunakan wewangian
    Aktivitas yang padat selama di luar memang kerapkali membuat banyak keringat keluar sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Meski begitu, hindari untuk menggunakan parfum karena bisa menarik perhatian dari lawan jenis. Untuk itu, alangkah baiknya jika cukup menggunakan deodorant saja sehingga melindungi bau badan berlebih dan tentunya harus sering mandi agar badan tetap segar dan senantiasa bersih.

Itulah beberapa tips untuk bisa tampil modern dengan yang pastinya baju muslim modern namun tidak meninggalkan kesan penggunaan secara syar’i. Pastikan untuk selalu mempertimbangkan apa yang akan Anda kenakan setiap harinya yang sesuai dengan aturan agama.