Gaya Hidup

Bahan Alami Untuk Membuat Toilet Kamar Mandi Lebih Wangi

Toilet kamar mandi adalah ruangan yang sangat penting di dalam rumah, kegiatan di dalam kamar mandi yang identik dengan pembuangan, mengharuskan pemilik rumah memberi perhatian ekstra untuk membersihkan dan merawat toilet kamar mandi agar selalu bersih dan wangi. Salah satu cara efektif dan mudah untuk membuat kamar mandi selalu wangi, adalah dengan menyemprotkan pengharum udara (air freshener). Akan tetapi, penggunaan pengharum udara secara terus menerus dapat memberi efek negative terhadap kesehatan karena kandungan zat kimia yang terdapat di dalamnya.

Sekarang ini, banyak pemilik rumah yang mulai beralih ke bahan alami dan mudah didapatkan untuk membuat toilet kamar mandi menjadi wangi, apa sajakah bahan tersebut?

Irisan Lemon

Aroma citrus yang muncul dari jeruk lemon dapat menetralkan bau dan membuat toilet kamar mandi menjadi segar. Caranya, iris jeruk lemon dan kumpulkan dalam satu wadah, lalu letakkan irisan di pojok kamar mandi, atas wastafel, atau di tempat yang menjadi sumber bau tidak enak di kamar mandi. Ganti irisan lemon secara rutin apabila lemon sudah terlihat tidak segar lagi.

Kopi

Wangi kuat dari kopi dijamin dapat mengusir bau dan membuat toilet kamar mandi terbaru anda menjadi wangi yang menenangkan. Salah satu caranya adalah dengan menaruh bubuk atau biji kopi pada wadah dan letakkan di sudut toilet kamar mandi yang anda inginkan. Cara lainnya adalah dengan menaruh lilin kecil dalam wadah berisi bubuk atau biji kopi, lalu nyalakan lilin. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, awasi terus nyala lilin dang anti lilin apabila telah habis.

Bunga Kering

Bunga kering atau potpourri juga dapat digunakan untuk membuat toilet kamar mandi menjadi wangi. Carilah bahan seperti kayu cendana atau kayu cemara yang mengeluarkan bau harum jika dikeringkan. Caranya hampir sama, letakkan potpourri di wadah, lalu tambahkan beberapa tetes minyak esensial yang juga terbuat dari bahan alami seperti lemon, vanilla, kayu manis, atau lavender, dan letakkan di sudut tertentu seperti wastafel, ambalan, atau di atas toilet kering terbaru anda. Selain di wadah terbuka, potpourri dan minyak esensial juga dapat diletakkan di wadah tertutup dan dibuka di saat-saat tertentu. Selain wangi, peletakan wadah potpourri di sudut tertentu juga dapat menambah keindahan toilet kamar mandi.