Tips Memilih KTA Terbaik, Pertimbangkan Hal Penting Berikut!

Tips Memilih KTA Terbaik, Pertimbangkan Hal Penting Berikut!

KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah salah satu produk kredit yang cukup dikenal di Indonesia. Tak perlu agunan berupa aset kekayaan seperti surat tanah dan bangunan ataupun mobil menjadi salah satu daya tariknya bagi para nasabah yang sedang butuh dana. Tak hanya itu, proses pengajuannya yang cukup cepat memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk memperoleh dana dari KTA secara cepat pula.

Sebagai contoh, KTA Danamon hanya butuh sekitar seminggu saja untuk pencairan dana. Bahkan, KTA dari Standard Chartered hanya perlu ditunggu sekitar 3 sampai 5 hari saja! Sangat cepat, bukan?

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk menjatuhkan pilihan pada produk KTA tertentu – mari ketahui terlebih dahulu tips memilih KTA terbaik. Berikut beberapa saran yang bisa Anda pertimbangkan:

Saran Terbaik Sebagai Tips Memilih KTA Terbaik

  1. Kredibilitas bank penyedia KTA

Yap! Yang pertama yang harus dipertimbangkan adalah reputasi bank terkait. Pilih bank yang memang tepercaya sehingga Anda tak akan merugi ketika melakukan kredit di sana. Beberapa bank yang sudah memiliki nama di antaranya Bank BCA, Mandiri, BII atau bahkan juga bisa Danamon sampai dengan Standard Chartered.

  1. Pilih KTA dengan bunga rendah

Tentu saja salah satu pertimbangan yang cukup penting ketika akan memilih sebuah produk KTA adalah suku bunga. Sebisa mungkin, pilihlah suku bunga yang kompetitif agar cicilan Anda pun semakin terjangkau. Misalkan, KTA Standard Chartered sendiri menawarkan suku bunga yang cukup terjangkau yaitu mulai dari 0,99% saja per bulan! Lumayan meringankan, bukan?

  1. Perhatikan juga biaya-biaya lainnya

Meski bunga rendah, jangan terpaku hanya pada suku bunga yang ditawarkan saja. Coba untuk perhatikan biaya-biaya lainnya seperti misalnya biaya administrasi / provisi, biaya penalti, biaya keterlambatan dan sebagainya. Kalau ternyata biaya-biaya tersebut cukup tinggi, coba hitung-hitung kembali apakah sebanding dengan kemampuan Anda.

Ketiga poin di atas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda ketika akan memilih suatu produk KTA dari bank tertentu. Memang ketiga poin di atas bukan jadi hal mutlak juga. Anda pun masih perlu mempertimbangkan kebutuhan Anda sendiri, berapa dana yang benar-benar Anda butuhkan dan berapa kemampuan cicilan per bulan. Kemudian, pikirkan pula bagaimana penggunaan dana paling efektif. Dengan begitu, produk KTA apapun yang Anda ambil bisa memberi manfaat. Meski berbunga rendah sekalipun atau memiliki biaya-biaya cukup rendah serta berasal dari bank berkredibilitas tinggi, namun Anda tak bisa gunakan dana dengan baik – wah, yang ada malah jadi bumerang!

Oleh karena itu, ketika sudah berkomitmen untuk mengajukan KTA dan merasa sanggup untuk melunasinya – pegang teguh komitmen tersebut dan prioritaskan utang Anda terlebih dahulu. Hampir semua KTA baik, namun pertanyaannya adalah bagaimana cara kita menggunakan dana tersebut dan mengembalikannya!