Finansial

Menjalankan Bisnis Souvenir, Bisnis Modal Kecil Penuh Kreativitas

Sedang berpikir untuk mencari tambahan penghasilan lain? Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukannya, dari mencari kerja sambilan sampai dengan membuka usaha Anda sendiri. Anda yang memilih alternatif kedua akan menemukan bahwa melakukan bisnis sendiri sangatlah memberikan kepuasan batin bagi yang melakukannya. Modal pun tak harus selalu besar untuk dapat untung besar. Salah satu contoh bisnis modal kecil tersebut adalah bisnis membuat souvenir.

Jangan remehkan bisnis untuk souvenir ini. Coba Anda perhatikan dulu, berapa banyak acara seperti ulang tahun, pernikahan, seminar, maupun konferensi yang memberikan anggotanya kenang-kenangan? Hampir semuanya, bukan? Bahkan kelas dari pertemuan-pertemuan semacam itu sangatlah beragam, dari yang sederhana di sekitar RT Anda, sampai dengan konferensi berkelas internasional. Ini sungguh peluang bisnis bermodal kecil yang bisa mendatangkan keuntungan.

Untuk bisnis souvenir ini sendiri, ada 2 alternatif bisnis yang bisa Anda lakukan, yang nantinya akan berkaitan dengan supplier dan juga kemampuan Anda sendiri, yaitu:

  • Souvenir buatan sendiri
    Ini berarti Anda memutuskan untuk membuat souvenir buatan tangan Anda sendiri. Keuntungannya, souvenir Anda kemungkinan akan menjadi souvenir yang sangat unik dan sulit ditandingi. Kelemahannya? Anda sendiri yang akan repot dalam membuat pesanan yang banyak, belum lagi kreasi-kreasi harus unik.
  • Souvenir barang jadi
    Ini merupakan alternatif yang lebih mudah, karena Anda tinggal menyetorkan barang jadi pada para penyelenggara acara tersebut. Kekurangannya adalah, souvenir Anda akan menjadi kurang unik.

Mana yang akan Anda pilih? Seperti yang Anda lihat, keduanya mempunyai potensi yang sama-sama bisa membuat Anda untung. Hanya saja, beberapa komponen akan berbeda tergantung dari jenis bisnis souvenir mana yang akan Anda lakukan. Bila Anda adalah orang yang kreatif dan artistik misalnya, membuat kreasi souvenir sendiri adalah pilihan yang sudah jelas. Namun Anda yang masih pemula akan sangat diuntungkan dari menyuplai souvenir jadi saja, lantaran jauh lebih mudah.

Namun manapun jenis bisnis souvenir yang akan Anda lakukan, Anda sebaiknya memperhatikan hal berikut ini:

  1. Tentukan jenisnya
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, tentukan apakah Anda akan membuatnya sendiri, ataukah memesan barang jadi dari supplier Anda. Jika membuat sendiri, Anda berarti harus mencari suplai bahan-bahan yang murah, atau Anda memesan pada pengrajin.
  2. Kreativitas
    Anda akan berhadapan dengan banyak bisnis sejenis. Kalau tak bisa bersaing dengan ide-ide souvenir yang original dan fungsional, Anda akan kalah.
  3. Bangun relasi
    Perluas jaringan pertemanan Anda sehingga Anda mendapatkan lebih banyak pesanan, lebih banyak supplier, dan juga mendapatkan lebih banyak ide untuk souvenir.
  4. Cari karyawan
    Anda akan kesulitan jika berjuang seorang diri saja. Carilah karyawan yang bisa dipercaya, terampil dalam pekerjaannya, dan juga mudah untuk dilatih oleh Anda.
  5. Promosi
    Anda bisa melakukannya dari mulut ke mulut dengan mengandalkan klien yang sudah ada, atau dengan memanfaatkan media sosial serta blog.
  6. Buat website dengan contoh produk
    Buatlah website Anda sendiri dengan foto-foto produk yang sudah diambil secara profesional sehingga tampak cantik dan menggoda.

Peluang usaha rumahan semacam ini tidak harus menggunakan modal besar di awalnya. Anda bisa memulainya dari yang sederhana dulu, seperti pesanan souvenir untuk tetangga di dekat rumah, acara RT, dan lain-lainnya. Dari sini, Anda akan bisa mengembangkannya menjadi lebih luas lagi, dengan cakupan souvenir tak hanya untuk pertemuan saja, tetapi juga ulang tahun, pernikahan, seminar, dll.