Finansial

Cara Cerdas Bagaimana mengatur dan Mengelola Gaji!

Semakin hari, semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi namun tidak diimbangi dengan keadaan ekonomi yang masih kurang baik. Terdapat beberapa cara agar Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan Anda yaitu dengan membangun bisnis baru sebagai bisnis sampingan atau memilih melakukan pengelolaan yang baik sesuai dengan upah yang Anda peroleh saat ini. Besaran upah termasuk gaji PNS, dari satu individu ke individu lain, berbeda tergantung dari kedudukan, pekerjaan, lokasi atau wilayah mengabdi.

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan pengelolaan upah yang Anda peroleh saat ini, sebelum melakukan pengelolaan dan pengaturan, hal yang harus Anda perhatikan diantaranya adalah jumlah salary yang Anda peroleh saat ini dan jumlah kebutuhan barang sehari-hari yang harus Anda penuhi. Anda harus dapat membedakan kebutuhan yang benar-benar Anda butuhkan misalnya makanan pokok seperti beras, lauk pauk, gula, garam dengan kebutuhan yang Anda inginkan misalnya baju, gadget, tas.

Mencatat

Dalam melakukan pengelolaan dan pengaturan dengan jumlah upah yang Anda peroleh saat ini, Anda harus mencatat kebutuhan bulanan Anda yang harus Anda keluarkan. Misalnya keperluan untuk membeli barang rumah tangga seperti sabun, makanan pokok, kebutuhan untuk membayar pajak misalnya untuk membayar listrik, pajak bangunan ataupun pajak air bersih yang digunakan. Dengan adanya pencatatan yang Anda lakukan di buku khusus, Anda dapat mengetahui besaran biaya atau jumlah pengeluaran rutin yang harus Anda keluarkan.

Presentase

Tetapkan besaran presentase yang akan Anda gunakan dengan menggunakan upah yang Anda peroleh. Dengan adanya besaran presentase ini, Anda akan dapat memperkirakan besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk berbagai macam kebutuhan terutama ketika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak yang harus bersekolah. Perhitungkan besaran presentasi yang Anda tetapkan jangan sampai besarnya pengeluaran melebihi dari besarnya penghasilan yang Anda peroleh. Jika Anda mampu untuk menghitung dan menetapkannya dengan benar, Anda akan dapat meminimalkan resiko melakukan hutang.

Menabung

Salah satu cara melakukan pengelolaan dan pengaturan penghasilan terutama dengan upah yang minim adalah dengan cara menabung. Setelah Anda menetapkan rancangan pengeluaran yang harus Anda keluarkan misalnya untuk kebutuhan sehari-hari, membayar angsuran atau untuk biaya anak bersekolah, Anda harus menyisihkan sebagian dari pengeluaran Anda. Hal tersebut dikarenakan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda akan memiliki tabungan atau simpanan yang dapat dijadikan untuk membayar kebutuhan Anda misalnya untuk membayar perawatan di rumah sakit.

Investasi

Jangan lupa untuk melakukan investasi sebagai salah satu pengaturan dan pengelolaan gaji yang Anda terima. Investasi dapat menjadi tabungan jangka panjang yang dapat membantu Anda untuk jangka waktu tertentu. Banyak jenis investasi yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan misalnya investasi emas, deposito atau investasi jenis lainnya. Hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan investasi dengan menggunakan penghasilan yang Anda miliki, diantaranya yaitu:

  • Jumlah dari selisih antara pendapatan dan pengeluaran. Jika pengeluaran lebih besar, sebaiknya coret atau hilangkan pengeluaran yang kurang dibutuhkan atau menurunkan besaran anggaran Anda sehingga uang yang akan digunakan sebagai investasi akan lebih besar.
  • Besarnya surplus dari selisih pendapatan dan pengeluaran yang akan Anda alokasikan sebagai dana investasi.
  • Jangan melupakan mengenai resiko dari investasi yang hendak Anda pilih. Jika Anda kurang berani, sebaiknya pilih investasi dengan resiko rendah misalnya dengan deposito.
  • Kenali investasi yang Anda pilih dan terus pelajari sehingga Anda akan mengetahui cara yang tepat.
  • Jangan berinvestasi pada satu tempat.