Blog

Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi

Santan sudah menjadi elemen penting dalam memasak. Selain untuk bahan dasar makanan, santan juga sering digunakan sebagai bahan dasar minuman dan kudapan. Karena fungsi santan yang penting inilah, seringkali ibu rumah tangga seperti saya membelinya dalam jumlah banyak untuk stok di rumah. Namun santan yang disimpan biasanya cepat basi dan tidak bisa bertahan lama, padahal baru disimpan dalam beberapa hari.

Nah, kali ini saya ingin berbagi tips cara menyimpan santan yang baik dan benar agar santan bisa bertahan lama namun tetap terjaga kualitasnya. Tips yang saya bagikan kali bukan hanya untuk menyimpan santan yang segar maupun kemasan, tetapi juga untuk menyimpan santan yang sudah diolah menjadi masakan.

  1. Simpan dalam lemari pendingin

Pada dasarnya, santan memiliki umur yang pendek. santan segar biasanya hanya mampu bertahan selama 4 hari. Itu pun harus disimpan dalam kulkas. Jika anda tidak langsung menggunakan santan pada hari itu juga, anda bisa menyimpan santan di dalam freezer. Sebelum disimpan, terlebih dahulu tambahkan sedikit garam ke dalam santan, lalu rebus santan hingga mendidih. jika sudah, angkat dan dinginkan santan. Tunggu hingga santan benar-benar dingin. Kemudian masukkan santan ke dalam plastik atau wadah lain, bekukan dalam freezer. Dengan cara ini, santan bisa bertahan hingga kurang lebih 3 bulan lamanya.

  1. Simpan dalam wadah tertutup

Jika anda ingin menyimpan santan segar ke dalam kulkas, usahakan anda menyimpannya dalam plastik atau wadah yang tertutup rapat. Lebih baik hindari menyimpan santan dalam wadah yang terbuat dari kaleng logam atau wadah yang tidak kedap udara. Menyimpannya dalam wadah yang tidak kedap udara akan membuat santan cepat basi meskipun disimpan di dalam lemari pendingin.

  1. Masak Santan dengan cabai merah

Tips yang satu ini mungkin terdengar sedikit nyeleneh, namun anda bisa mencobanya sendiri. Rebuh santan bersama 1 buah cabai merah, masak hingga santan mendidih. Angkat dan tunggu hingga santan menjadi dingin. Jika sudah, simpanlah santan dalam wadah yang tertutup rapat. Jangan mengocok atau mengaduk santan yang sudah didinginkan atau disimpan agar santan tidak mudah rusak.

  1. Cara menyimpan santan kemasan

Jika anda menggunakan santan kemasan, selama kemasannya belum dibuka anda bisa menyimpan santan di dalam suhu ruangan. Pastikan untuk menyimpannya tidak melebihi tanggal kadaluarsanya. Namun jika kemasannya sudah dibuka, anda harus menyimpannya dalam kulkas atau freezer. Santan masih dalam keadaan yang baik jika digunakan dalam kurun waktu sebelum dua minggu. Hal ini untuk mempertahankan kualitas dan cita rasa santan.

  1. Menyimpan makanan berbahan santan

Selain santan segar dan santan kemasan, makanan dengan bahan santan juga perlu perlakuan khusus. Anda harus menyimpan menu makanan berbahan santan di dalam lemari pendingin agar makanan tersebut tidak mudah bas. Jika ingin menghidangkannya kembali, cukup dengan menghangatkan atau memanaskannya kembali sebelum dinikmati.  

Kini anda sudah tahu kan bagaimana cara menyimpan santan agar bisa bertahan lama. Tapi cara di atas tidak perlu anda lakukan bila anda memilih menggunakan Sasa Santan Kelapa, sebab sasa santan kelapa ini bisa disimpan dalam waktu yang lama di kemasanya. Padahal ia tanpa pengawet, hanya teknologi dalam pengemasan saja. ia juga sudah matang dan siap pakai. Sehingga cocok untuk semua masakan, makanan dan minuman. Aroma dan rasanya juga sesegar kelapa yang langsung diperas.

Dengan menggunakan Sasa Santan, Aslinya Santan kelapa yang juga merupakan , ayo buruan belanja dan beli sasa santan di toko-toko terdekat di kota anda.